Media Komunikasi Mahasiswa PGSD

Minggu, 27 September 2009

Formasi CPNS 2009 Kebumen

KEBUMEN - Lulusan SMA di Kabupaten Kebumen nampaknya harus gigit jari karena tidak bisa mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya, dalam surat keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Men-PAN) Nomor 362.F/M.PAN/2009 mengenai penerimaan CPNS tahun 2009, bagi pelamar umum minimal berijazah Diploma dua atau DII.

Sementara jumlah CPNS yang dibutuhkan di Kabupaten Kebumen sebanyak 593 orang, yang terbagi dalam pelamar umum sebanyak 390 formasi dan tenaga honorer sebanyak 165 formasi dan pengangkatan sekdes menjadi PNS sebanyak 38 orang. Sedangkan jadwal pendaftaran CPNS tahun 2009 akan diumumkan secara serentak dengan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kabid Pengembangan dan Pembinaan Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kebumen, Sri Mulyani SE mengatakan, 390 formasi umum terdiri dari tenaga guru sebanyak 84 orang, tenaga teknis lainnya 53 orang. Kemudian terbanyak adalah tenaga kesehatan 253 orang. Sedangkan tenaga honorer yang akan diangkat menjadi CPNS sebanyak 165 orang dan sekdes sebanyak 38 orang. "Berdasarkan surat usulan Bupati Kebumen No. 800/24/2009 tertanggal 15 Juni, Pemkab Kebumen mengajukan 745 posisi untuk rekruitmen tahun ini. Terdiri dari 177 honorer dan 568 pelamar umum. Namun yang disetujui hanya itu," kata Sri Mulyani, Jumat (7/8).

Transparan
Mengenai persyaratan melamar CPNS, ia menjelaskan, persyaratan masih sama dengan penerimaan CPNS tahun sebelumnya. Hanya saja untuk Kabupaten Kebumen mensyarakatkan, minimal berpendidikan DII. Itu pun hanya untuk formasi tenaga pendidikan.

Sedangkan untuk formasi lainnya kebanyakan lulusan DII dan S-1. Persyaratan lain yang membuat pelamar umum bisa menentukan pilihan karena pelaksaan rekruitmen di setiap propinsi berbeda-beda. Namun dalam satu propinsi tetap dilakukan secara serentak. "Tidak ada prioritas bagi warga yang berdomisili atau memiliki KTP Kebumen. Artinya, semua memiliki peluang yang sama meski berasal dari luar daerah Kebumen," jelasnya.

Tidak adanya formasi umum bagi lulusan SMA ini dikeluhkan oleh sejumlah siswa lulusan SMA sederajat. Seperti yang diungkapkan oleh Rofiq (19) warga Tanjungsari, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen ini. Siswa lulusan SMK Taman Karya Kebumen ini mengaku kecewa.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen, H Heru Budiyanto berpesan kepada panitia seleksi CPNS tahun 2009 Kabupaten Kebumen untuk penerimaan CPNS dilakukan secara transparan dan bebas dari unsur korupsi, kolusi dan nepostisme (KKN). Pihaknya berharap penerimaan CPNS tidak diwarnai politik uang. [wawasandigital.com]

5 komentar:

Jupe37 mengatakan...

Kapan bukanya ya ??

Redaksi PGSD Kebumen mengatakan...

Wah belum tau bos. Selalu update info terus ya... Kalo dh tau infonya, kabar-kabari tmn2 di sini. Oke? Sip! :)

Bahrun Ali Murtopo mengatakan...

CPNS suatu yang ngetren di masyrakat dan para guru dan pegawai pemerintah .yang hanya berapa di buka menjadi rebutan seperti sesuatu yang membagakan dalam CPNS apa yang benernya di inginkan sih koh begitu seru dan tertari apa kaerena gaji yang menjanjikan. tapi ingat CPNS itu engga enak kalo hanya dengan nafsu bukan dengan keiklasan di dapati .biasanya kalo udah jadi pegawai negri berkerja dengan yante tidak seperti waktu bejuangan.

Anonim mengatakan...

thanks ya

Lowongan CPNS 2014 mengatakan...

Terimakasih Infonya ya :)